Rabu, 19 September 2012

kedewasaan

Menurut saya tentang kedewasaan
Kedewasaan adalah saat seseorang tetap bisa bersikap tenang dan bijaksana dalam menyelesaikan sebuah situasi atau masalah seberat apapun. Dan dewasa adalah kematangan bersikap dan bertindak.
Tidak semua orang mampu bersikap dewasa, dan pertumbuhan fisik tidak menentukan sepenuhnya kedewasaan seseorang. Masih banyak orang yang merasa dirinya sudah matang dalam usia, sehat dalam fisik, tenang dalam berpikir tapi ketika mengalami masalah yang berat dan memaksa seseorang untuk segera menggambil keputusan kebanyakan orang akan menampakkan sikap aslinya. Tergesa-gesa, gugup, ragu-ragu, tidak yakin, takut salah, dan masih banyak hal yag akan muncul ketika hal itu terjadi. Orang yang dewasa akan mampu mengatasi hal-hal tersebut dan mampu menyikapi dengan tenang.

Dalam hal ini, kedewasaan seorang pemimpin sangat dibutuhkan. Seorang pemimpin yang baik akan selalu menempatkan dirinya pada posisi yang tepat dan bersikap bijaksana tanpa melibatkan keegoisannya. Keberhasilan pemimpin tergantung dari kemampuannya bersikap dewasa, karena saat pemimpin tidak dapat bersikap dewasa dan mementingkan kepentingannya sendiri, maka bersiaplah untuk tidak di dengarkan. Berikut ini beberapa hal yang membutuhkan kedewasaan sikap seorang pemimpin:Saat menghadapi bawahan yang menunjukkan sikap sulit di atur, posisikanlah diri Anda sebagai pembimbing dan pahami karakter baawahan Anda.Ketika Mood Anda sedang tidak baik jangan pernah bawa itu menjadi masalah yang Anda limpahkan ke bawahan Anda, apalagi jika Anda menganggap apa yang mereka lakukan selalu salah.Dalam membuat keputusan, seorang pemimpin yang dewasa akan membuat keputusan dengan sangat bijaksana dengan tanpa mementingkan egonya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menumbuhkan kedewasaan dalam dirinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar